ISI KANDUNGAN SURAH AL-KAHFI



Dalam surat Al-Kahfi, Allah SWT menceritakan tiga kisah masa lalu, yaitu :

1. kisah Ashabul Kahfi,
2. kisah pertemuan Nabi Musa A.S. dan Nabi Khaidir A.S. serta,
3. kisah Dzulqarnain.

Kisah Ashabul Kahfi mendapat perhatian lebih dengan digunakan sebagai nama surat dimana terdapat tiga kisah lainnya yang tersebut.

Hal ini tentu bukan kebetulan, tapi karena kisah Ashabul Kahfi, seperti juga kisah dalam al-Quran lainnya, bukan merupakan kisah semata, tapi juga terdapat banyak pelajaran (ibrah) didalamnya.

Berikut ini sedikit ringkasan cerita dari Ashabul Kahfi (Penunggu Goa):

Ashabul Kahfi adalah nama sekelompok orang beriman yang hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi, beberapa ratus tahun
sebelum diutusnya Nabi Isa A.S.

Mereka hidup ditengah masyarakat penyembah berhala dengan seorang raja yang dzalim.

Ketika sang raja mengetahui ada sekelompok orang yang tidak menyembah berhala, maka sang raja marah lalu memanggil mereka dan memerintahkan mereka untuk mengikuti kepercayaan sang raja.

Tapi Ashabul Kahfi menolak dan lari, dikejarlah mereka untuk dibunuh. Ketika mereka lari dari kejaran pasukan raja, sampailah mereka di mulut sebuah gua yang kemudian dipakai sebagai tempat persembunyian.

Dengan izin Allah mereka kemudian ditidurkan selama 309
tahun di dalam gua, dan dibangkitkan kembali ketika masyarakat dan raja mereka sudah berganti menjadi masyarakat dan raja yang beriman kepada Allah SWT. (Ibnu Katsir; Tafsir Al-Quran Al-’Adzim; jilid:3).

Allah berfirman:

“(Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdo’a: “Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”
(QS Al-Kahfi:10)

Demikianlah sedikit ringkasan kisah Ashabul Kahfi dalam isi kandungan Al-Qur'an Surah Al-Kahfi, Maha Benar Allah dengan segala firmanNya.

Terkait :
Mudahnya Wanita Masuk Surga 
Saya Suka X5 
Kebebasanku Terenggut 
Ternyata Cuma 1,5 Jam Saja Kita Hidup Didunia 
Reactions:

0 comments:

Post a Comment