LIMA AMALAN PENTING PENOLAK DAJJAL


















Setiap muslim dewasa ini perlu mengetahui apa saja pesan-pesan Nabi Muhammad صلى الله عليه و سلم yang berisi kiat-kiat menyelamatkan diri dan keluarga dari fitnah Ad-Dajjal. Yang pertama ialah berdoa di dalam solat pada saat selesai dari tasyahud akhir menjelang salam kanan-kiri sebagaimana arahan Nabi Muhammad صلى الله عليه و سلم berikut ini:

إِذَا فَرَغَ أَحَدُكُمْ مِنْ التَّشَهُّدِ الْآخِرِ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَوَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian selesai dari tasyahhud akhir, maka mintalah perlindungan kepada Allah dari empat perkara, yaitu; siksa jahannam, siksa kubur, fitnah kehidupan dan kematian, dan keburukan Al Masih Ad Dajjal." (Hadits Shahih RiwayatMuslim No. 926)

Bunyi doanya ialah:

اللهم إني أعوذبك بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِوَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

"Ya Allah, aku berlindung kpd-Mu dari azab jahannam, dan azab kubur, dan fitnah kehidupan dan kematian dan dari jahatnya fitnah Al-Masih Ad-Dajjal." (Hadits Shahih Riwayat Muslim No. 923)

Kedua, menjauh dari Ad-Dajjal ketika ia telah keluar. Jangan mendekat kepada Ad-Dajjal.

مَنْ سَمِعَ بِالدَّجَّالِ فَلْيَنْأَ عَنْهُ فَوَاللَّهِ إِنَّ الرَّجُلَ لَيَأْتِيهِ وَهُوَ يَحْسِبُ أَنَّهُ مُؤْمِنٌفَيَتَّبِعُهُ مِمَّا يَبْعَثُ بِهِ مِنْ الشُّبُهَاتِ أَوْ لِمَا يَبْعَثُ بِهِ مِنْ الشُّبُهَاتِ هَكَذَا

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda, "Siapa yang mendengar (kedatangan) Dajjal hendaklah menjauhinya. Demi Allah, seorang laki-laki benar-benar akan mendatangi Dajjal dan mengira bahwa ia adalah seorang mukmin, lalu ia akan mengikuti setiap syubhat yang ditebarkannya." (Hadits Shahih RiwayatAbu Daud No. 3762)

Ketiga, menghafalkan sepuluh ayat pertama surah Al-Kahfi.

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِسُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنْ الدَّجَّا

Nabi صلى الله عليه و سلم bersabda, "Siapa yang menghafal sepuluh ayat dari awal surat Al- Kahfi, maka ia akan terpelihara dari (kejahatan) Ad-Dajjal." (Hadits Shahih RiwayatMuslim No. 1342)

Keempat, tinggal di dua kota suci yang paling aman di dunia saat Ad-Dajjal keluar untuk menebar fitnah dan kekacauannya. Yaitu kota Mekkah Al-Mukarromah dan Madinah Al-Munawwaroh.

لَيْسَ مِنْ بَلَدٍ إِلَّا سَيَطَؤُهُ الدَّجَّالُ إِلَّا مَكَّةَ وَالْمَدِينَةَ لَيْسَ لَهُ مِنْ نِقَابِهَا نَقْبٌ إِلَّا عَلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ صَافِّينَ يَحْرُسُونَهَا ثُمَّ تَرْجُفُ الْمَدِينَةُ بِأَهْلِهَا ثَلَاثَ رَجَفَاتٍ فَيُخْرِجُ اللَّهُ كُلَّ كَافِرٍ وَمُنَافِقٍ

Nabi صلى الله عليه و سلم bersabda, "Tidak ada suatu negeripun yang tidak akan dimasuki Ad- Dajjal kecuali Makkah dan Madinah, karena tidak ada satu pintu masukpun dari pintu-pintu gerbangnya kecuali ada para malaikat yang berbaris menjaganya. Kemudian Madinah akan berguncang sebanyak tiga kali sehingga Allah mengeluarkan orang-orang kafir dan munafiq daripadanya." (Hadits Shahih Riwayat Bukhari No. 1748)

Semoga Kita dapat mengambil pengetahuan yang bermanfaat dan bernilai ibadah dan semoga tulisan ini dapat membuka pintu hati Kita yang telah lama terkunci. Aamiin.

Terkait :
Isi Kandungan Surah Al Kahfi
Kaligrafi Allah SWT dan Muhammad SAW
Beauty And A Beat
Dzikir-Dzikir Pembuka Pintu Rezeki
Reactions:

0 comments:

Post a Comment