Perubahan Sosial Budaya Suku Dayak Punan



Zaman memang semakin maju namun tidak semua manusia menikmati kemajuan tersebut. Ada beberapa kelompok manusia yang menolak perkembangan zaman, alasannya banyak, termasuk karena adat istiadat yang dipegangnya melarang budaya asing masuk atau juga karena mereka trauma oleh kejadian yang pernah nenek moyang mereka alami.
Tidak sedikit kelompok masyarakat atau suku yang menolak adanya perubahan. Mereka menganggap itu semua sebagai ancaman. Salah satu contoh di Indonesia adalah dari sekian banyak Suku Dayak,  Suku Dayak Punan lah yang masih terbelakang baik budaya maupun kehidupan mereka. Suku ini tinggal di goa-goa anak sungai,pegunungan, dan lain-lain. Mereka juga tak mengenal pakaian bagus dan kemajuan zaman, malah mereka juga merasa takut dan alergi terhadap sabun. Mereka juga sangat tertutup terhadap dunia luar dan sulit berkomunikasi pada masyarakat. Ini semua disebabkan oleh larangan-larangan dari leluhur mereka yang tak berani mereka langgar.
Tapi, masih ada sedikit Suku Dayak Punan yang yang modern yaitu , golongan Dayak  Punan Berusu. Mereka tinggal di daerah pesisir. Kehidupan mereka sangat berbeda dengan Suku Dayak Punan primitif. Mereka senang berpesta.  Meskipun mereka memiliki kebebasan bergaul sesama, mereka juga tak pernah menerima masyarakat lain ke dalam kehidupan mereka. Walaupun masyarakat  tersebut adalah orang orang dari Suku Dayak.
Perubahan memang tidak dapat dihindari. Cepat atau lambat manusia akan mengalami perubahan sosial. Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh penemuan baru, perubahan jumlah penduduk, sistem pendidikan yang maju, keinginan untuk maju dan orientasi ke masa depan dan lain-lain. Namun perubahan tersebut tidak harus kita terima begitu saja kita harus menyaring yang positif dan bermanfaat bagi kita karena perubahan sosial negatif malah cenderung akan merusak kita atau bahkan menyesatkan kita.

Sumber :

Reactions:

2 comments:

  1. Akeu`, Ian...
    Mai ngebake`h kelunan e`h sa'at,..
    Uban tana' potong / neu` kereja batang !
    Akeu` menyat ka'au nya`ap akeu' tong kampe`n.
    Iah nya`ap kampe`n poko tana'.
    Tana' mape` neu kereja batang.

    [Translate English]
    I'am, Ian
    Do not make friends with bad people,...
    Because of burning forest / destroyed by logging !
    I ask you to help me in the campaign.
    He supported the campaign to save the forest
    The land was destroyed by the logging


    Regards,
    Ian
    Youth of Punan tribe
    Email. ian.apokayan@gmail.com
    @ianapokayan

    ReplyDelete
  2. Kalau mau tahu kehidupan tentang suku Dayak Punan / rumpun Punan dan rumpun Apokayan, silahkan kontak via Gmail ku. Publikasikan kehidupan sosial masyarakat adat Dayak dengan cara yang bijak dan usahakan ada referensi yang update. Terima kasih.

    ReplyDelete