Pentingkah Lingkungan Sekolah Sehat?



Kesehatan sangatlah penting. Tidak hanya pola makan, jasmani, dan rohani saja, tetapi juga lingkungan sekitar.
Menurut penelitian UNESCO pada tahun 2009 di beberapa sekolah di Negara Eropa, sudah digalakkan kesadaran akan pentingnya lingkungan sekolah yang sehat dan nyaman untuk proses belajar mengajar. Bahkan saat ini Indonesia telah menggalakkan kesadaran akan pentingnya sekolah sehat. Dimana kesehatan itu sendiri bukan hanya melakukan olahraga secara rutin atau menjaga pola makan saja, tetapi juga menanamkan kesehatan dilingkungan tempat tinggal siswa.
Sekolah sehat tidak harus selalu melalui pendidikan formal, namun lebih cenderung untuk menciptakan budaya sehat yang bisa dilakukan atau diaplikasikan oleh penduduk sekolah tersebut yang nantinya akan dapat berimbas pada lingkungan masyarakat.
Di kabupaten Sidoarjo sendiri sudah diadakan LLSS (Lomba Lingkungan Sekolah Sehat) yang pada tahun 2011dimenangkan oleh SMPN 4 Sidoarjo dengan menyisihkan 100 SMP swasta dan 44 SMP Negeri. Pada tahun 2012 ini rencananya SMPN 4 Sidoarjo akan mewakili Kabupaten Sidoarjo untuk mengikuti LLSS tingkat provinsi. Sekolah seluas kurang lebih 5 hektar ini juga telah mencanangkan sebagai sekolah “Green and Clean” dan berusaha untuk menciptakan lingkungan sekolah sehat, nyaman, dan konduktif.
Kriteria utama dari sekolah sehat yaitu : adanya program pendidikan dan pelayanan kesehatan, makanan sehat dan bergizi, pendidikan olahraga, pendidikan mental, serta program lingkungan sekolah sehat dan aman. Lingkungan sekolah yang sehat, nyaman, dan kondusif diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa.

Sumber          :


Reactions:

0 comments:

Post a Comment