Khasiat Bayam Bagi kesehatan

Hampir semua lapisan masyarakat di negeri ini dipastikan pernah mengonsumsi jenis sayuran yang satu ini. Bayam memang telah begitu populer di mata masyarakat sebagai sayuran yang bukan hanya bisa dijadikan teman makan nasi, tetapi juga banyak manfaat yang terkandung didalamnya.
Karena itu, banyak orang yang telah mengetahui khasiat bayam, sangat memprioritaskan untuk mengonsumsi bayam dalam setiap harinya.
Bahkan tokoh kartun yang digemari anak-anak, Popeye, menjadikan bayam sebagai ikon makanan yang senantiasa membantunya ketika melawan musuh abadinya, Bruto. Popeye selalu digambarkan akan memiliki kekuatan yang esktra untuk melawan musuhnya tersebut setelah mengonsumsi bayam.

Berbagai Khasiat Bayam

Mengenai khasiat bayam ini, para peneliti dari China dan Australia pernah mengadakan penelitian yang berhasil menyimpulkan bahwa bayam mengandung folic acid yang mampu melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang menyebabkan penyakit diabetes.
Folic acid yang banyak terkandung dalam bayam ini merupakan zat yang mudah larut dan mengandung vitamin B9. Vitamin tersebut biasanya menjadi suplemen bagi perempuan yang sedang mengandung untuk melindungi bayinya dari cacat pada bagian sarafnya.
Penelitian tersebut dilakukan pada tikus yang terkena diabetes dan menemukan bahwa unsur folic acid dalam bayam dapat mengurangi resiko serangan jantung pada tikus tersebut. Oleh karena itu, banyak ahli lain yang menyarankan penelitian tersebut harus dilakukan lebih lanjut terutama terhadap manusia untuk mengurangi resiko kematian akibat penyakit diabetes.
Selain khasiat bayam untuk menurunkan diabetes, masih banyak khasiat lainnya bagi kesehatan tubuh. Ada banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalam bayam seperti vitamin A, C, E, K, kalsium, zat besi, potasium, magnesium, mangan, seng, dan sejumlah mineral lain. Dan mari kita simak beberapa jenis khasiat dari bayam.

Kesehatan Jantung

Sebagaimana diketahui, bayam juga sangat kaya akan antioksidan sehingga sangat baik untuk mencegah terkumpulnya plak kolesterol pada saluran arteri karena kalau tersumbat di bagian arteri, maka resiko terkena penyakit jantung sangat tinggi. Selain itu, bayam juga sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah.

Menjadikan Tulang Lebih Kuat

Bayam juga sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya osteoporosis yang selama ini begitu ditakutkan terutama oleh orang yang mendekati lanjut usia. Di dalam bayam juga terkandung vitamin K yang membantu dalam penyerapan kalsium oleh tulang sehingga tulang menjadi kuat.

Mencegah Kanker

Bayam juga mengandung flavonoid yang mampu mencegah adanya infeksi dalam tubuh sehingga berdampak pada minimnya resiko terkena penyakit kanker kolon, kanker paru-paru, kanker ovarium, dan juga kanker prostat.

Kesehatan Pembuluh Darah

Bayam juga kaya akan zat besi yang sangat penting untuk membangun sel darah merah yang memiliki fungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi akan membuat badan Anda terasa lemah, mudah kehilangan tenaga, mudah mengantuk, dan juga bisa menimbulkan anemia. Untuk mencukupi zat besi dalam tubuh, salah satunya bisa memperbanyak konsumsi bayam.

Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Bayam mengandung zat folat dan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil. Dengan banyak mengonsumsi bayam, proses pembentukan paru-paru pada janin yang diperankan oleh vitamin A dan pembentukan sistem saraf yang lengkap yang diperankan oleh folat akan berjalan dengan baik.
Dengan memperbanyak konsumsi bayam, segudang manfaat yang telah dijelaskan di atas akan Anda raih dengan mudah dan murah. Oleh sebab itu, dari sekarang mulailah untuk banyak mengonsumsi bayam karena selain mudah didapatkan, juga sangat besar manfaatnya bagi kesehatan

Source : Deherba.com
Reactions:

0 comments:

Post a Comment