Bumi Kita Terancam!

Bumi. Pasti kalian tau bumi dong? Yang sekarang kita tempatin itu loh. Aku kasih tau yaa bumi kita ini sudah ada sejak miliaran tahun yang lalu.

Kalian sadar nggak bahwa bumi kita sekarang telah mengalami perubahan yang sangat cepat. Banyak diantaranya diakibatkan oleh manusia. Manusia menciptakan mesin-mesin berteknologi tinggi nmau tidak sadar akan dampak negatifnya. Diantaranya :

1. Krisis Energi
Untuk menjalankan mesin, manusia membutuhkan gas, batu bara, dan minyak bumi. Nah.. bahan bakar tersebut berasala dari bumi. Jika setiap saat kita kita mengambil bahan bakar tersebut maka bahan bakar tersebt akan habis. Sedangkan untuk pembentukan bahan bakar fosil membutuhkan waktu jutaan tahun.

Bahan bakar fosil tersebut dibakar agar bisa digunakan. Pembakaran ini menimbulkan efek samping yang berbahaya. Beberapa diantaranyadapat mengotori udara, air, merusak bangunan, dan menimbulkan penyakit.

Stasiun pembangkit listrik merupakan penghasil utama gas-gas berbahaya. Bukankah tenaga nuklir dapa menghasilkan listrik tanpa gas buangan? Tenaga nuklir memang dapat menghasilkan listrik tanpa gas buangan. Namun, tenaga nuklir menghasilkan limbah radioaktif yang mematikan dan parahnya akan tetap bertahan sampai ribuan tahun.

2. Bumi Semakin Panas
Semakin hari bumi semakin panas. Kenapa ini bisa terjadi? Saat ini lebih banyak CO2 di atmosfer daripada ratusan tahun yang lalu. ini diakibatkan oleh pembakaran bahan bakar fosil, metana, dinitrogen dioksida, dll. Gas-gas ini dikenal dengan gas rumah kaca.

Akibat pemanasan global ini terjadi pencairan besar-besaran di kutub utara dab selatan.  Permukaan laut semakin naik. Pulau-pulau kecil terancam menghilang dan orang-orang pesisir terancam banjir. Hewan-hewan di daerah Antartika juga mulai berkurang karena daerah buruannya mencair.

Iklim pun semakin tak menentu. Iklim di bumi semakin panas. Gelombang panas, kekeringan, banjir, badai semakin sering terjadi, penyakit-penyakit banyak bermunculan.

3. Lubang Ozon
 
Salah satu gas yang mencemari bumi selain gas rumah kaca adalah CFC atau chlorofluorocarbon. Selama 20 tahun terakhir terdapat lubang ozon. Pada tahun 2006 lubangnya sangat besar, hampir 3 kali lipat ukuran Amerika. Lubang ozon ini disebabkan oleh CFC. CFC digunakan di kulkas , AC, kaleng penyemprot. Butuh waktu yang lama untuk ozon memperbaiki dirinya karena CFC akan tetap berada di atmosfer selama 100 tahun. 

lapisan ozon di atmosfer bumi yang mengandung konsentrasi ozon relatif tinggi, berada di bagian bawah stratosfer dan menyerap 97-99 persen dari frekuensi ultraviolet yang dipancarkan matahari. Sinar ultraviolet berpotensi merusak bentuk kehidupan di Bumi yang terkena paparannya.

Meskipun lubang ozon di Antartika lebih kecil dari tahun 2010, namun pemulihan lapisan pelindung Bumi tersebut masih memerlukan waktu lama. Lubang ozon di Antartika saat ini mencapai 19 juta kilometer persegi. Rusaknya lapisan ozon bisa memicu kasus kanker kulit dan katarak , serta menimbulkan efek berbahaya dari radiasi ultraviolet terhadap lingkungan


Jadi mulai sekarang ayo kita jaga bumim kita! Mulailah untuk menghemat energi, budayakan hidup sehat, dan jagalah lingkungan sekita. Kalian nggak mau kan kalo bumi kita rusak?
Reactions:

0 comments:

Post a Comment